Pengertian Sistem Informasi Berbasis Komputer dengan Contoh Sistem Pakar

April 24, 2012 asih rossi
Tags:

1. Sistem Informasi Berbasis Komputer
2. Materi Konsep-konsep sistem Sistem dan subsistem Elemen-elemen sistem Antarmuka subsistem Klasifikasi sistem Manajer dan sistem Lingkungan informasi Data, informasi, dan pengetahuan Karakteristik data dan informasi Informasi untuk manajemen
3. Sistem dan subsistem Sistem adalah sekumpulan elemen-elemen yang saling terkait atau terpadu yang dimaksudkan untuk mencapai suatu tujuan. Subsistem adalah sistem-sistem yang berada di dalam sebuah sistem.
4. Elemen sistem Masukan Keluaran Proses Mekanisme Pengendalian Tujuan Umpan balik
5. Tujuan. Tujuan utama yang umum ada 3 macam, yaitu : Untuk mendukung fungsi manajemen. Untuk mendukung pengambilan keputusan manajemen. Untuk mendukung kegiatan operasi perusahaan. Masukan : segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem dan selanjutnya menjadi bahan untuk diproses. Proses. Keluaran.
6. Mekanisme pengendalian diwujudkan dengan menggunakan umpan balik. Umpan balik digunakan untuk mengendalikan masukan maupun proses. Tujuannya adalah untuk mengatur sistem agar berjalan sesuai dengan tujuan. Umpan balik ada 2, yaitu : Umpan balik negatif, menyesuaikan penyimpangan terhadap standar. Umpan balik positif, menentukan standar dan meramalkan penyimpangannya sehingga penyimpangan dapat dicegah.
7. Sistem perusahaan dan lingkungannya Lingkungan Pemerintah Perusahaan Pemasok Pemegang saham atau pemilik Pelanggan Komunitas Global Komunitas Finansial Pesaing Serikat Pekerja Batas
8. Pemasok, disebut juga vendor, memasok bahan, mesin, layanan, dan informasi yang digunakan oleh perusahaan untuk menghasilkan produk dan layanannya. Pelanggan, meliputi current user dan prospective user. Serikat pekerja, adalah organisasi pekerja terampil dan tidak terampil. Komunitas finansial terdiri dari institusi yang menguasai sumber daya keuangan yang tersedia untuk perusahaan.
9. Pemegang saham atau pemilik adalah orang yang menginvestasikan uangnya pada perusahaan dan merepresentasikan tingkat manajemen tingkat tertinggi. Pesaing meliputi semua organisasi yang bersaing dengan perusahaan dalam pasarnya. Pemerintah, yang menyediakan batasan dalam bentuk hukum dan regulasi, juga menyediakan bantuan dalam bentuk pembelian, informasi, dan pendanaan. Komunitas global adalah area geografis di mana perusahaan melakukan operasinya.
10. Batas adalah pemisah antara sistem dan daerah di luar sistem (lingkungan). Batas sistem menentukan konfigurasi, ruang lingkup, atau kemampuan sistem.
11. Antarmuka subsistem Subsistem Subsistem Subsistem Subsistem Masukan Keluaran Antarmuka subsistem
12. Fungsi antarmuka Menyatakan aliran data. Menyaring data. Mengkodekan dan mendekodekan data. Mendeteksi kesalahan data. Buffering data. Pengamanan data. Peringkasan data.
13. Klasifikasi sistem Sistem abstrak dan sistem fisik Sistem deterministik dan sistem probabilistik Sistem tertutup dan sistem terbuka Sistem alamiah dan sistem buatan manusia Sistem sederhana dan sistem kompleks
14. Sistem abstrak : sistem yang berisi gagasan atau konsep. Sistem fisik : sistem yang secara fisik dapat dilihat. Sistem deterministik : sistem yang operasinya dapat diprediksi dengan tepat. Sistem probabilistik : sistem yang tidak dapat diramal dengan pasti. Sistem tertutup : sistem yang tidak bertukar materi, informasi, atau energi dengan lingkungannya. Sistem relatif tertutup : sistem yang mempunyai masukan dan keluaran tertentu tetapi gejolak lingkungan tidak mempengaruhinya.
15. Sistem terbuka : sistem yang berhubungan dengan lingkungan dan dipengaruhi oleh lingkungan. Sistem alamiah : sistem yang terjadi karena alam. Sistem buatan manusia : sistem yang dibuat oleh manusia.
16. Kedudukan sistem informasi sebagai sebuah sistem Sistem abstrak Dapat berupa sistem probabilistik, dapat juga berupa sistem deterministik bergantung pada permasalahan yang dihadapi. Dapat berupa sistem terbuka, dapat juga berupa sistem relatif tertutup. Sistem buatan manusia. Sistem kompleks.
17. Manajer Fungsi manajer : Plan Organize Staff Direct Control Peranan manajer : Interpersonal Informational Decisional
18. Keahlian manajer : Keahlian komunikasi Keahlian problem solving Pengetahuan manajer : Computer literacy Information literacy
19. Lingkungan informasi Banyak keputusan strategis bergantung pada informasi Sumber daya manusia, material, mesin, modal dan informasi merupakan sumber daya vital bagi kelangsungan hidup organisasi. Informasi digunakan untuk kepentingan internal organisasi dan pihak eksternal organisasi.
20. P e makai internal meliputi staf operasi, manajemen tingkat bawah hingga tingkat atas. Pemakai eksternal dapat berupa pelanggan, pemegang saham, supplier, dll. Manajemen dibagi menjadi 3 yaitu : Manajemen tingkat bawah yang bertanggung jawab pada pengawasan dan pengendalian kegiatan operasional sehari-hari. Manajemen tingkat menengah yang bertanggung jawab dalam hal perencanaan dan koordinasi kegiatan-kegiatan jangka pendek.
21. Manajemen tingkat atas bertanggung jawab terhadap perencanaan jangka panjang dan menetapkan tujuan organisasi. Pelanggan Pemasok Pemegang Saham
22. Data, informasi, dan pengetahuan Data : deskripsi tentang benda, kejadian, aktifitas, dan transaksi, yang tidak mempunyai makna atau tidak berpengaruh secara langsung pada pemakai. Data yang terformat : data dengan suatu format tertentu. Misalnya, data yang menyatakan tanggal atau jam, atau menyatakan nilai mata uang. Kejadian (event) : sesuatu yang terjadi pada saat tertentu.
23. Dalam bisnis kejadian sering disebut dengan transaksi. Informasi : data yang sudah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.
24. Siklus Informasi Masukan (Data) Proses (Model) Keluaran (Informasi) Basis Data Data Ditangkap Penerima Hasil Tindakan Tindakan Keputusan
25. Pengetahuan : kombinasi dari naluri, gagasan, aturan, dan prosedur yang mengarahkan tindakan atau keputusan. Pengetahuan didapatkan dari belajar dan pengalaman.
26. Hubungan data, informasi, dan pengetahuan Akumulasi Pengetahuan Memformat, memilih, meringkas Menerjemahkan, memutuskan, bertindak Data Hasil informasi pengetahuan
27. Hirarki Data File Record Record Record Field Field Field
28. Karakteristik data dan informasi Jarang Rendah Cukup usang Masa depan Ringkas Sangat luas Eksternal Sangat sering Frekuensi Pemakaian Tinggi Keakurasian yang diperlukan Sangat mutakhir Kekinian Masa lalu Garis Waktu Rinci Tingkat Keringkasan Sempit, terdefinisi dengan baik Lingkup Internal Sumber Pengendalian Strategis Pengendalian Manajemen Pengendalian Operasional Manajer Tingkat Atas Manajer Tingkat Menengah Manajer Tingkat Bawah Karakteristik Informasi
29. Kualitas data dan informasi Isi informasi Akurat. Informasi harus tepat mewakili objek yang diwakilinya dan bebas dari kesalahan. Relevan. Harus ada kesesuaian antara informasi dengan masalah yang akan dipecahkan berdasarkan informasi tersebut. Lengkap. Jumlah informasi harus mencukupi untuk digunakan sebagai bahan membuat keputusan. Ringkas. Jumlah informasi tidak boleh berlebihan. Lingkup luas. Informasi yang disampaikan harus dapat meliputi semua objek yang harus disampaikan. Kinerja informasi. Seberapa sering informasi dapat berguna bagi pembuat keputusan.
30. Waktu penyajian Ketepatan waktu. Ketepatan waktu datangnya informasi pada saat informasi tersebut dibutuhkan. Keterkinian. Informasi harus mencerminkan keadaan yang paling baru. Frekuensi. Penyampaian informasi harus sesuai dengan frekuensi pembuatan keputusan oleh manajemen Periode. Untuk membuat keputusan strategis, informasi yang diperlukan adalah informasi jangka panjang. Sebaliknya, untuk membuat keputusan sederhana hanya dibutuhkan informasi jangka pendek.
31. Bentuk informasi Kejelasan. Seberapa jelas dan tajam suatu informasi sehingga dapat dipahami pembaca. Rincian. Rincian laporan harus dapat ditampilkan atau disediakan bila diperlukan pembacanya. Urutan. Urutan informasi akan sangat menentukan kemudahan pembacaan laporan. Presentasi. Dapat dilakukan dengan menampilkan grafik, perbedaan warna, kata-kata, perbandingan, dan sebagainya. Informasi yang berbeda memerlukan presentasi yang berbeda pula. Media. Informasi dapat dilaporkan melalui berbagai media, misalnya e-mail, laporan tercetak atau buku, dan sebagainya.
32. Sumber informasi untuk manajemen Pameran dagang, kontak personal Percakapan makan siang, arisan. Informal Forum-forum industri Pertemuan-pertemuan terjadwal Formal, verbal Laporan-laporan industri Laporan-laporan, audit Formal, berbasis dokumen Basis data publik Basis data internal Formal, berbasis komputer Sumber eksternal Sumber internal Jenis
33. 6 Kategori informasi Informasi penyejuk : informasi keadaan sekarang yang merangkum keadaan umum bisnis atau organisasi. Contoh : ringkasan penjualan. Peringatan berisi penunjuk terhadap sesuatu yang tidak biasa atau mungkin memerlukan tindakan manajerial atau perubahan-perubahan rencana
34. Indikator kunci berisi ukuran aspek-aspek penting yang berkaitan dengan kinerja organisasi, seperti keluhan pelanggan. Informasi situasional : informasi terkini tentang proyek, masalah, atau isu penting yang memerlukan perhatian manajer. Gosip : informasi informal yang berasal dari sumber yang mungkin dapat dipercaya atau tidak dapat dipercaya. Informasi eksternal : informasi yang berasal dari luar departemen atau perusahaan.
35. Gambaran sistem informasi Banyak aktifitas manusia yang berhubungan dengan sistem informasi. Contoh sistem informasi : Sistem reservasi pesawat terbang. Sistem untuk menangani penjualan kredit kendaraan bermotor. Sistem biometrik Sistem telemetri. Sistem layanan akademik, dll.
36. Kemampuan utama sistem informasi Melaksanakan komputasi numerik, bervolume besar, dan berkecepatan tinggi. Menyediakan komunikasi dalam organisasi atau antar organisasi yang murah, akurat dan cepat. Menyimpan informasi dalam jumlah yang sangat besar dalam ruang yang kecil tetapi mudah diakses.
37. Memungkinkan pengaksesan informasi yang sangat banyak diseluruh dunia dengan cepat dan murah. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi orang-orang yang bekerja dalam kelompok dalam suatu tempat atau pada beberapa lokasi. Menyajikan informasi dengan jelas yang menggugah pikiran manusia. Mengotomasikan proses-proses bisnis yang semiotomatis dan tugas-tugas yang dikerjakan secara manual.
38. Mempercepat pengetikan dan penyuntingan. Pembiayaan yang jauh lebih murah daripada pengerjaan secara manual.
39. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan bisnis Pengaruh ekonomi internasional dan persaingan dunia. Perkembangan teknologi. Batas waktu yang semakin meningkat. Kendala sosial.
40. Kemampuan tersebut mendukung sasaran bisnis Peningkatan produktifitas. Pengurangan biaya. Peningkatan pengambilan keputusan. Peningkatan layanan kepada pelanggan. Pengembangan aplikasi-aplikasi strategis yang baru.
41. Hubungan sistem informasi dengan pemakainya Manajer dan staff Data non-transaksi Data transaksi Pemrosesan Informasi Pemrosesan Transaksi Pemegang saham dan pihak lain Pelanggan, pemasok, dan pihak lain
42. Interaksi sistem informasi dan teknologi informasi dengan komponen-komponen penting dalam perusahaan Struktur Organisasi Proses Bisnis Orang dan Budaya Sistem dan Teknologi Informasi Strategi Manajemen
43. Peranan penting sistem informasi dalam organisasi Berpartisipasi dalam pelaksanaan tugas-tugas. Mengkaitkan perencanaan, pengerjaan, dan pengendali dalam sebuah subsistem. Mengkoordinasikan subsistem-subsistem. Mengintegrasikan subsistem-subsistem.
44. Hubungan perencanaan, pengerjaan, dan pengendalian dalam sebuah sistem Pengerjaan Perencanaan Pengendalian Rencana kerja Standar kerja Umpan balik hasil kerja vs rencana kerja Informasi pengerjaan Rencana kerja; standar kerja Kinerja sekarang dan masa lalu
45. Definisi sistem informasi Sebuah rangkaian prosedur formal di mana data dikelompokkan, diproses menjadi informasi, dan didistribusikan kepada pemakai. Hall Suatu sistem buatan manusia yang secara umum terdiri atas sekumpulan komponen berbasis komputer dan manual yang dibuat untuk menghimpun, menyimpan, dan mengelola data serta menyediakan informasi keluaran kepada para pemakai. Gelinas, Oram, & Wiggins Kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna. Bodnar & Hopwood Kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi. Alter Definisi Sumber
46. Kerangka kerja yang mengkoordinasikan sumber daya untuk mengubah masukan menjadi keluaran, guna mencapai sasaran-sasaran perusahaan. Wilkinson Sebuah sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik. Turban, McLean, & Wetherbe Definisi Sumber
47. Komponen sistem informasi
48. Perangkat keras : meliputi peralatan-peralatan fisik seperti komputer, printer, dll. Perangkat lunak : sekumpulan instruksi yang memungkinkan perangkat keras untuk dapat memproses data. Orang : personil-personil yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem informasi, pengolahan, dan penggunaan keluaran sistem informasi. Basis data : sekumpulan tabel, hubungan, dan lain-lain yang berkaitan dengan penyimpanan data. Jaringan komputer : sistem penghubung yang memungkinkan sumber daya dipakai secara bersama-sama atau diakses oleh sejumlah pemakai.

Entry Filed under: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Pages

Categories

Calendar

April 2012
M T W T F S S
« Oct    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Most Recent Posts

 
%d bloggers like this: