Ratusan Orang tua dan Anak Peringati Hari Autis di Pekanbaru

April 10, 2010 asih rossi
Tags:

PEKANBARU, tribunkaltim.co.id – Yayasan Anak Mandiri Pekanbaru bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Riau menggelar acara Hari Peduli Autis se-Dunia 2010, Sabtu (3/4/2010) di Gedung Daerah. Acara yang dibuka oleh Hj Septina Primawati Rusli ini dihadiri ratusan para orang tua dan puluhan anak berkebutuhan khusus.

Pimpinan Pusat Pelatihan Terapi Anak Mandiri, Rovanita Rahma mengatakan, anak-anak autis atau berkebutuhan khusus bukanlah suatu penyakit. Hanya saja, anak-anak autis mengalami gangguan berat terutama pada komunikasi. “Hal ini harus disadari, bahwa ini bukan penyakit,” ujarnya dihadapan ratusan orang tua dan guru serta anak-anak autis.

Dikatakannya, peran orangtua sangat diperlukan dalam membentuk prilaku anak spesial ini agar bisa bergaul dengan cara dan prilakunya. Menurut Rovanita, melalui acara Yayasan Anak Mandiri ini ingin merubah imej bahwa anak autis bukanlah anak cacat, melainkan anak yang disebut dengan berkebutuhan khusus dengan penanganannya khusus pula.

Melalui kegiatan tersebut, pihaknya ingin mengajak masyarakat untuk lebih peduli dengan anak berkebutuhan khusus ini atau penyandang autis. Jika ada yang menyebutkan kalau anak ini cacat itu salah, karena itu kesannya tidak baik dan tidak mendidik. “Kita juga bersyukur atas dukungan dari Ibu Gubernur,” tukasnya.

Pusat Pelatihan Terapi Anak Mandiri ini juga membuktikan bahwa anak-anak autis bukanlah penyakit dan mampu berkreatifitas serta mengukit prestasi. Hal ini terlihat dari pertunjukkan anak- anak berkebutuhan khusus yang memainkan angklung dan lagu yang bertemakan kasih sayang ibu.

Septina yang hadir dalam acara tersebut juga menyatakan dukungannya terhadap kegiatan Terapai Anak Mandiri serta para orang tua. Menurutnya, anak-anak berkebutuhan khusus memiliki kemampuan dan kelebihan dari anak-anak lain. “Hal ini terlihat dari pertunjukkan yang mereka lakukan,” sebut Septina.

Sementara itu, menyambut hari Autis Se Dunia, sejak hari Kamis kemarin digelar berbagai peringatan. Diantaranya Ikatan Terapis Autis dan Spesial Needs Child (IKATRASC) yang menggelar orasi di Bundaran Walikota. Mereka ingin menyampaikan berbagai pesara pada masyarakat terkait Hari Autis se-Dunia diperingati pada Jumat (2/4/2010).

Mereka juga mengumpulkan tanda tangan dari masyarakat yang peduli dengan anak autis di atas kain putih sepanjang 21 meter. Mereka berusaha mengingatkan masyarakat untuk mau peduli pada anak autis. Selain itu, mereka juga menggugah pemerintah untuk memberikan dukungan demi kemajuan anak-anak autis.

Entry Filed under: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Pages

Categories

Calendar

April 2010
M T W T F S S
« Mar   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Most Recent Posts

 
%d bloggers like this: