Bocah Kediri Pemakan Sabun Dokter Sebut Eri Derita Autis Akut

April 10, 2010 asih rossi
Tags:

Kediri – Kebiasaan aneh Eri, bocah berusia 7 tahun asal Dusun Sambiroto, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, yang gemar makan dan minum segala sesuatu yang dilihatnya, dianggap sebagi bentuk kelainan autis. Meski demikian pada kasus ini dianggap sudah akut, karena terjadinya keterlambatan penanganan.

Hal tersebut disampaikan dr Iradat Sujono, Kepala UPTD Puskesmas Mojo, saat ditemui detiksurabaya.com di rumah dinasnya, Kamis (8/4/2010). Menurutnya, sebutan autis pada keanehan yang ditunjukkan Eri, juga tampak pada sikap psikologinya yang tak menghiraukan orang-orang di sekelilingnya.

“Autis memang seperti itu. Jadi penderitanya seakan memiliki dunianya sendiri, yang bahkan kita orang dewasa tidak bisa mengetahuinya,” ujar Iradat tegas.

Untuk keterlambatan penanganan yang terjadi pada Eri, terbukti pada penanganan Puskesmas Mojo yang baru dilakukan ketika Eri sudah mengalami keracunan untuk kesekian kalinya.

“Tapi jangan terus kami disalahkan yang terlambat, karena memang orangtuanya yang tidak memperhatikan kaanehan tersebut dengan tidak melaporkannya ke kami,” imbuhnya.

Lebih lanjut Iradat mengungkapkan, kelainan autis pada tingkatan parah memang bisa menjadikan penderitanya memiliki kebiasaan aneh, seperti yang ditunjukkan Eri dengan makan dan minum segala sesuatu yang dilihatnya. Untuk penanganan saat ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri diakuinya juga, sudah memberikan obat secara gratis yang bisa ditebus sekali dalam 10 hari di RSUD Pelem.

“Obat itu sendiri fungsinya untuk menjadikannya tenang dan lebih bisa dikendalikan,” ungkap Iradat.

Meski demikian, dalam kelainan autis penyembuhan diangap tidak hanya bisa dilakukan dengan obat. Ketelatenan orangtua dan keluarga terdekat untuk selalu memberikan perhatian lebih juga dianggap sangat penting.

“Bahkan kalau boleh disimpulkan itu yang paling penting, karena sekaligus bisa menekan kebiasaan anehnya tersebut. Jangan sampai anak seperti ini dibiarkan lepas, terus akhirnya mengkonsumsi sesuatu yang bisa membahayakan nyawanya,” pungkas Iradat.

Entry Filed under: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Pages

Categories

Calendar

April 2010
M T W T F S S
« Mar   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Most Recent Posts

 
%d bloggers like this: