Waspada Bila Si Kecil Sering Memutar Mainan!

March 4, 2010 asih rossi
Tags:

JIKA Anda mempunyai bayi atau batita yang memainkan benda secara tidak lazim seperti memutarnya secara berulang-ulang sebaiknya waspada. Jangan-jangan, anak Anda berpotensi mengidap autisme.

Ilmuwan AS dalam sebuah laporan yang dimuat jurnalAutism, Jumat (7/11) menyebutkan, bayi-bayi yang kemudian didiagnosa mengidap autisme memperlihatkan cara bermain atau eksplorasi yang tidak lazim yakni memutar mainan dengan sangat sering dibanding bayi lainnya.

Temuan ini, kata peneliti, diharapkan dapat membantu para dokter dan orang tua dalam mengenali dan mengidentifikasi anak-anaknya dari risiko autisme dan mengatasinya sedini mungkin..

Seperti diungkapkan Sally Ozonoff dan timnya dari University of California Davis, selain sering memutar benda-benda secara berulang, bayi yang di kemudian hari mengidap autisme, matanya selalu terbelalak, menatap jelas pada benda-benda sederhana seperti botol minum dan mencarinya dengan jelalatan.

“Ada kebutuhan yang mendesak untuk menciptakan suatu ukuran yang dapat mengenali gejala-gejala awal autisme, tanda-tanda yang hadir sebelum usia 24 bulan ,” ungkap Ozonoff.

The American Academy of Pediatrics sendiri merekomendasikan seluruh bayi untuk diperiksa kemungkinan mengidap autisme sebelum usia dua tahun. Sedangkan kebanyakan dokter anak biasanya memeriksanya dengan gejala sosial klasik dan cara komunikasi.

“Temuan bahwa penggunaan mainan di luar kebiasaan juga hadir pada awal kehidupan berarti bahwa perilaku ini dapat dengan mudah ditambahkan dalam daftar yang harus diwaspadai orang tua atau dengan cepat diperiksakan saat mengunjungi dokter anak, ” tambah Ozonoff.

“Semakin dini pengobatan autisme seorang anak, semakin kecil dampak buruk yang akan terjadi dengan masa depan anak,” ujarnya

Dalam risetnya, Ozonoff dan timnya meneliti 66 anak berusia 1 tahun yang dipertimbangkan berisiko tinggi mengidap autisme. Anak-anak ini sebagian besar mempunyai saudara kandung yang mengidiap autisme. Selama riset, ada sembilan anak yang didiagnosa mengidap autisme,dan tujuh di antaranya secara signifikan selalu menunjukkan perilaku memutar benda dan menujukkan eksplorasi visual yang tidak lazim di bandingkan anak lainnya.

Entry Filed under: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Pages

Categories

Calendar

March 2010
M T W T F S S
« Dec   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Most Recent Posts

 
%d bloggers like this: